Cara Memulai Usaha, Setelah Ada Modal Lalu Apa?

Cara Memulai Usaha – Dalam tulisan yang lalu kita membahas pengertian tentang modal jika sudah anda pahami maka kita akan melangkah pada tahap yang selanjutnya.

Artikel Sebelumnya: Usaha Tanpa Modal, Mungkinkah?

Pada tulisan kali ini kita akan membahas dan belajar dari para pengusaha yang telah membangun usahanya jauh sebelum kita, menurut anda apa yang perlu dilakukan terlebih dahulu untuk membuka usaha. Belajar bagaimana caranya membuat produk atau jasa yang baik atau mencari pasar????

Cara Memulai Usaha, Siapkan Modal, Lalu Apa?

Pikirkan baik – baik jawaban anda!!!!

Jika anda menjawab belajar bagaimana caranya membuat produk atau jasa yang baik jawaban anda salah besar!!!

Kenapa begitu??

Kita pikirkan baik- baik, jika anda sudah tahu cara bagaimana membuat produk yang baik apakah akan menjamin pemasaran anda akan berjalan dengan lancer??? Apakah akan menjamin barang anda akan laku di pasaran??? Jawabannya TIDAK

Hal ini lah yang membuat banyak pengusaha gagal, saat mereka sudah mengeluarkan modal untuk produksi tetapi tidak mendapat tempat di pasaran atau tidak laku, apa yang bisa dilakukan????

Cara Mencari Pasar Yang Tertarget

Yang harus anda lakukan adalah melihat pasar terlebih dahulu, baru anda akan mengerti barang seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Hal ini akan banyak menghemat waktu dan biaya yang harus anda keluarkan dalam membangun sebuah usaha.

Ya menemukan pasar adalah langkah pertama, hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan langkah STP. Yaitu : Segmenting, Targeting, Positioning yang akan kita bahas pada  waktu berikutnya. Yang terpenting sekarang adalah anda telah mengetahui bahwa mencari peluang pasar lebih penting dari pada memproduksi barang.

Baca Juga: Peluang Usaha Untuk Kamu Yang Lagi #DiRumahAja

Alasan Mengapa Anda Harus Menemukan Pasar Terlebih Dahulu

Alasan mengapa anda harus menemukan pasar terlebih dahulu baru kemudian memproduksi barang yang dibutuhkan oleh pasar, adalah anda tidak perlu repot untuk bekerja dua kali yaitu memproduksi barang dan berusaha memasarkannnya. Dengan menemukan pasar etrlebih dahulu otomatis barang yang akan anda produksi telah menemukan konsumennya. Bukankah itu akan menghemat waktu dan biaya yang akan anda keluarkan, dan dengan menemukan pasar terlebih dahulu anda telah menjamin keberlangsungan hidup usaha anda.

Sebagus apapun produk yang bisa anda buat akan percuma bila produk tersebut tidak laku di pasaran, tetapi walaupun barang anda “biasa – biasa” saja bila pasar sudah tersedia pasti barang anda akan laku dengan mudah.

Contoh yang terjadi saat ini karena kebutuhan masyarakat yang luar biasa akan produk masker dan hand sanitizer, maka merk apapun akan laku pasar sudah tidak perduli produk anda berkualitas atau tidak. Jika di sana ada tulisan hand sanitizer maupun masker pasti akan terjual dengan sendirinya. Maka semakin jeli anda melihat kebutuhan pasar, akan semakin terbuka peluang anda untuk menemukan produk yang tepat untuk bisa anda produksi dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca Juga: Apa Sih Creativepreneur? Bisnis Yang Sedang Digemari Di Indonesia

Manfaatkan semua peluang yang ada karena kesempatan tidak akan datang dua kali, terlambat berarti peluang yang sudah anda lihat akan hilang sia –sia.

Sahabat semoga anda mendapatkan ilmu yang bermanfaat setelah membaca tulisan ini, dan segera bisa anda praktekkan.  Bertemu  lagi pada kesempatan berikutnya, salam sukses luar biasa.

Sumber Rujukan: 3 Langkah Mudah Menemukan Niche Market – Kirim.Email

Satu tanggapan untuk “Cara Memulai Usaha, Setelah Ada Modal Lalu Apa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *