Cara Menentukan Target Pasar dalam Bisnis

Cara Menentukan Target Pasar untuk Bisnis Kalian

Menentukan Target Pasar – Dalam kesempatan ini kita akan belajar bersama tentang Segmenting, Targetting dan Positioning (STP). Apa artinya dan bagaimana melakukannya? Simak artikel buatan Mas Catur Arya Chandra ini, namun sebelum itu coba lihat ilustrasi dibawah ini:

cara menentukan target pasar dalam bisnis
Sumber foto google.com

Ilustrasi diatas menggambarkan supporter sepakbola dari Inggris (England Football Fans). Bagaimana jika kita jualan Jersey Bola dengan pernak pernik bernuansa Inggris pada mereka? Apa mereka mau? Pasti.

Begitulah gambaran sederhana dari Segmenting, Targeting and Possitioning Market.

Dalam pemasaran modern strategi STP ini selalu dilakukan oleh perusahaan – perusahaan dalam rangka memasarkan produknya, sehingga hampir menjadi keharusan bagi setiap perusahaan yang akan memasarkan produknya melakukan hal ini.

Baca Juga: Sariayu Pakai Digital Marketing Dongkrak Penjualan

Mungkin anda yang sudah lama mengelola usaha sudah melakukan hal ini, akan tetapi tidak tahu apa teori yang mendasari  apa yang  anda lakukan. Mungkin juga anda pernah mendengar bahkan mempelajari hal itu akan tetapi belum paham sepenuhnya apa yang harus dilakukan.

Teori Dasar dari Segmenting, Targeting and Positioning

Pertama adalah Segmenting atau Segmentasi, segmentasi artinya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pembagian dalam segmen. Apa yang dibagi dan apa itu segmen dan untuk apa itu dilakukan???

Yang kita bagi adalah konsumen dan kita tempatkan dalam kelas – kelas yang sudah kita tentukan batasannya, seperti berdasarkan usia, pendidikan jenis kelamin, DLL. Kita masukkan mereka dalam kelas – kelas agar kita dapat dengan mudah membedakan mereka berdasarkan data yang sudah kita dapat. Setelah itu kita lakukan Targetting, apa itu Targeting???

Targeting adalah memilih di kelas konsumen yang mana akan kita pasarkan produk kita, tentunya dengan pertimbangan jumlah konsumen terbesar ada di kelas mana. Jadi data yang kita dapatkan dari segmenting kita manfaatkan sebagai bahan pertimbangan dimana kita akan memasarkan produk kita.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha, Setelah Ada Modal Lalu Apa?

Setelah kita lakukan Targetting maka langkah selanjutnya adalah Positioning yang dalam artinya adalah memoles agar produk yang kita produksi di terima oleh pasar yang sudah kita target. Sebagai contoh kita lihat gambar di bawah ini :

cara menentukan target pasar dalam bisnis
Ponds White Beauty

Saat kita melihat gambar diatas yang terlintas di benak kita adalah produk sabun pembersih wajah untuk wanita, kenapa begitu???

Baca Juga: Usaha Tanpa Modal, Mungkinkah?

Mereka telah melakukan apa yang dimaksud dengan positioning, yaitu membuat produknya identik dengan konsumennya yaitu wanita. Segala atribut yang identik dengan wanita seperti pilihan warna dan kata – kata yang di cantumkan dalam kemasan pun “wanita” banget.

Sahabat STP ini dilakukan bertahap dan urut, jangan satu di lakukan tetapi yang lain tidak. Langkah ini sebenarnya adalah satu kesatuan yang utuh dan tidak bisa di pisahkan, apa artinya anda melakukan segmenting jika tidak melakukan targeting dan positioning. Begitu juga sebaliknya, bagaimana melakukan targeting jika anda tidak melakukan segmenting terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat

Belajar Digital Marketing itu Mudah:
https://kopibo.id/caramudah-jualan-dengan-marketplace-facebook/

Info Detil

2 tanggapan untuk “Cara Menentukan Target Pasar dalam Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *