#GAMPANG!!! Cara Jualan Dengan Marketplace Facebook

Assalamualaikum wr. wb, Sobat KoBo! 🙂

Banyak dari kita pengguna Internet melalui smartphone atau laptop yang masih bingung bagaimana cara Menghasilkan Uang Lewat Internet. Namun kalo kita coba lihat lebih jeli lagi, sebenarnya ada banyak opsi untuk kita menghasilkan uang lewat internet. Coba saja Sobat KoBo bayangkan, YouTuber itu dapat uang dari mana?. “Iklan/Adsence”, Yup benar. Namun untuk menjadi seorang YouTuber itu tidaklah mudah. Banyak keperluan yang harus kita miliki. Misalnya kamera untuk rekaman, apabila kita mengambil tema vlogger.

Apalagi selain YouTuber? banyak! Ada Blogger yang menjual tulisan, ada Copywriter dengan sihir tulisannya, FreeLancer biasanya menjual jasa apa saja lewat internet, Internet Marketer yang berjualan lewat media online, dan lain sebagainya. Masih banyak yang bisa kita lakukan agar cepat kaya dari Internet.

Diantara banyaknya cara menghasilkan uang lewat internet ini, ada satu cara yang paling mudah dan paling banyak orang lakukan. Yakni menjadi Internet Marketer, atau istilah lainnya adalah bisnis online. Yaitu bisnis yang kita jalankan secara online. Online disini lebih ditekankan pada pemasarannya. Bayangkan berapa banyak pengguna Facebook di Indonesia? cari datanya berapa banyak pengguna Instagram di Indonesia?

Cek data di bawah ini:

Survey Pengguna Sosial Media oleh wearesocial

Dari data diatas saja, ada 113 juta pengguna Facebook dan 52 juta pengguna instagram dengan umur 13-17 tahun (remaja) di seluruh dunia. Ini adalah angka terbesar pengguna sosial media. Apa hal tersembunyi yang bisa kita lakukan? Jualan menggunakan facebook. YUPPPS.

Artinya kita masih bisa berjualan barang apa saja menggunakan Facebook! Ini peluang. Kita punya datanya, tinggal kita siapkan barang jualan serta strategi jualannya. Ingat, bagi kita yang beragama Islam, Rasulullahh SAW mengajarkan kita untuk berniaga. Tentunya ada aturan dalam berniaga dan ada cara dalam berniaga.

Kita bingung cari kerja? Jualan Online saja! Rasulullah SAW mengajarakan kita untuk berniaga. ~

Gita Hariaji, A.Md

Okey, mari kita simak trik jualan lewat facebook ini:

Kenalkan, Namaku Facebook Marketplace !

Facebook Marketplate

Facebook Marketplace adalah platform baru dari facebook yang fungsinya untuk mempromosikan lapak atau barang jualan kita. Fitur ini sangat membantu, bagi saya yang telah mencoba berjualan lewat facebook marketplace ini. Cara jualannya mudah sekali, dibanding dengan lewat marketplace lainnya seperti bukalapak, tokopedia, shopee, dll. Tinggal siapkan foto, harga, kota asal, kategori dan deskripsi, selanjutkan iklan kita “Tayang” di facebook. Namun ada beberapa hal penting yang perlu kita siapkan untuk berjualan lewat facebook marketplace ini.

Bagi anda yang suda punya akun facebook sih tidak masalah, bisa langsung memulai jualan. Namun bagi yang belum punya akun facebook, Anda bisa daftar di www.facebook.com, cara daftarnya bisa Anda klik disini.

#1 Siapkan Produk

Produk adalah hal penting pertama yang harus Anda siapkan. Sering kali banyak yang bertanya pada saya, “Kak, saya ingin jualan online seperti kakak namun tidak tahu harus berjualan apa. Bantu kasih solusi dong? :(( ” Nah tidak sedikit yang bertanya seperti ini. Hal yang perlu kalian pegang adalah:

Jualan Online tidak perlu harus membuat produk sendiri. Ingat ada tehnik reseller dan dropshipper!

Kopibo.id ~

Bagi kalian yang bingung cari produk untuk dijual, kalian bisa survey ke sekitar tempat tinggal kalian, cari produk unggul apa yang bisa kalian jual. Temui penjualnya, cari data harga dan spesifikasinya, foto produknya, dan siapkan kata kata indah jualannya. Mudah kan? 😀 Sangat mudah, jangan dibuat susah! 🙂

Namun bagi kalian yang malas untuk terjun survey, kalian bisa menggunakan tehnik reseller atau dropshipper. Kalian tidak harus membuat produk sendiri, kalian hanya dituntut untuk menjualkan barang milik orang lain. Tentunya ada profit disitu. Dan modal kita cuma smartphone dan paket internet.

Reseller

Adalah teknik berjualan online dengan membeli barang milik orang lain, membuat stok sendiri, kemudian dia jual lagi secara online. Meskipun Anda harus mengeluarkan modal di awal, namun Anda juga bisa menjaga keuntungan yang Anda peroleh selama proses penjualan. Selain itu, Anda juga bisa menyetok barang sebanyak-banyaknya jika Anda tahu penjualan barang tersebut akan laris manis. Anda juga tidak perlu khawatir bersaing dengan dropship lain, dan kehabisan barang dari supplier.

Dropshipper

Adalah teknik berjualan tanpa harus membeli barang milik orang lain terlebih dahulu, hanya perlu tahu dimana tempat membelinya, namun sudah bisa mulai menjualkan. ketika Anda menjadi seorang dropshiper, Anda tentu bersaing tentang kuantitas barang dengan dropshiper yang lain. Sebab, enggak mungkin supplier hanya memiliki satu orang dropshiper. Nah, membahas mengenai keuntungan, karena saat penjualan Anda tidak menggunakan modal sama sekali, tentu Anda diberikan keuntungan yang lebih sedikit.

Sudah tahu kan beda Reseller dengan Dropshipper? Tinggal tentukan Anda ingin yang mana. Segera cari produknya jangan ditunda tunda. Ingat, waktu adalah uang !!!! 🙂

#2 Siapkan Foto Produk

Foto produk menjadi penting bagi pebisnis online. Konsumen di facebook marketplace melihat apa yang dia cari pertama kali melalui Foto Produk dan Judulnya. Maka dari itu kita harus bisa membuat foto produk sebagus dan se ciamik mungkin. Next akan kita share bagaimana cari membuat foto produk yang bagus dan ciamik.

Berikut ini contoh foto produk yang di jual di Facebook Marketplace:

Foto Produk di Marketplace

Dari beberapa contoh produk diatas, yang konsumen lihat adalah foto dan judulnya. Artinya jika dia mencari barang lalu menemukan foto barang tersebut di facebook marketplace, kemudia di dukung oleh judul yang menarik, maka sudah dipastikan konsumen tersebut langsung memilih barang jualan tersebut untuk selanjutnya di proses.

Itulah mengapa foto produk itu menjadi penting untuk para pebisnis online. Maka setelah Anda mendapatkan barang jualannya, proses selanjutnya adalah segera foto barang jualan anda itu dengan baik, benar, bagus dan ciamik. Segera jangan di tunda !!!

Foto produk yang baik pasti mengundang banyak klik 🙂

Kopibo.Id ~

#4 Mulai Jualan

Ikuti step jualan menggunakan facebook marketplace di bawah ini (Contoh dibawah menggunakan PC/Laptop, apabila kalian menggunakan Smartphone caranya tidak jauh berbeda kok (:

Pilih jenis produk yang akan kalian jual

Isi Spesifikasi Produk yang Akan di Tawarkan

Pilih Kategori produk kalian, buat judul semenarik mungkin, tulis harga, tentukan kota pengirim, dan terakhir unggah foto terbaik produk kalian.

Oh iyaa, harga bisa kalian tulis yang sebenarnya dan bisa juga kalian isi dengan angka ngawur. Misal Rp 1.234.567, Rp 1111, dllnya. Tujuannya agar calon konsumen menghubungi Anda menggunakan aplikasi chatting dari facebook yang bernama Mesangger.

Pilih Pemirsa untuk Jangkauan Lebih Luas

Selain di Marketplace Facebook, kalian juga bisa sebarkan barang jualan kalian di grup-grup yang bisa dijualin. Contoh Grup jual beli, grup kuliner (Karena besek juga untuk wadah nasi), dllnya. Tinggal centang grup mana saja yang akan kalian pilih.

Disinilah sihir facebook marketplace. Sekali upload 8,9,10 grup terpenuhi

Kopibo.Id ~

Setelah itu klik “Terbitkan”, jualan Anda akan tayang di Marketplace Facebook 🙂

Produk Tayang di Marketplace

Lakukan cara diatas dengan berbeda-beda. Ganti foto, judul, deskripsi, dllnya, serta bagikan ke grup jual beli yang berbeda!

Kopibo.Id~

Siapkan kata-kata untuk memfollow-up Konsumen

Setelah kalian istiqomah atau tekun dalam posting produk, hukum alam selalu menunjukkan 1:5 dari produk yang kita jual pasti akan laku. Inshaallah 🙂 Jika ingin dapat banyak, ya sering seringlah upload. Sering2lah posting, jangan males untuk posting. Tips dibawah ini bisa jadi acuan:

1 – 10 – 60, Maksudnya dalam 1 hari posting 10 Produk dengan jarak 60 menit setiap produknya. Istiomahlah. Tuhan tidak tidur 🙂

Kopibo.Id

#5 Konsisten – Istiqomah

Berjualan online itu mudah. Tinggal posting sana sini, beres. Namun yang sulit itu Istiqomahnya. Konsistensi kita dalam upload produk. Itu yang sulit. Maka dari itu Fokuskan niat kita untuk mencari rejeki di jalannya, maka Inshaallah Tuhan akan bantu untuk kita kuat.


Sobat KoBo, itulah tips yang bisa saya berikan untuk kalian para pemula yang ingin belajar jualan online. Semoga bermanfaat, jangan lupa share tulisan ini aga kebermanfaatan terus mengalir. Salam KoBo! Secangkir Inspirasi Bisnis Online Setiap Harimu! 🙂

Wassalamualaikum Wr. Wb.

3 tanggapan untuk “#GAMPANG!!! Cara Jualan Dengan Marketplace Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *