Manfaatkan Covid-19 Untuk Lejitkan Omset Bisnis Online

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Sobat Kobo 🙂 Apa kabar kalian semua hari ini? Semoga Allah SWT menjauhkan kita semua dari wabah Covid-19 ini. Bagi sobat kobo (jika ada) yang statusnya ODP, PDP atau bahkan Positif, mari semua kita doakan semoga seluruh orang yang terjangkit akan segera pulih dan semoga pandemi ini segera berakhir, serta kita dapat kembali beraktivitas seperti biasanya. Eh iya, semoga bulan ramadhan tahun ini akan menjadi ramadhan yang penuh berkah, Aamiin yra.

Dampak Covid-19 Bagi Pebisnis

Sobat kobo, akhir-akhir ini kita banyak mendengar atau membaca kata #dirumahaja atau #workfromhome. Memang dengan adanya pandemi ini mau ga mau, suka ga suka, percaya ga percaya, mengharuskan kita untuk bekerja ataupun beraktivitas dari rumah saja. Penyebaran virus yang begitu cepatnya sehingga sulit untuk dibendung, ditambah lagi beberapa dari masyarakat Indonesia yang harus dan wajib mencari nafkah untuk keluarganya setiap hari, membuat virus corona ini lebih lama bertahan di Indonesia. Artinya sulit untuk kita masyarakat Indonesia (jika memandang dari perspektif lebih luas) bisa segera “sembuh” dari pandemi ini.

Peran pemerintah “yang seperti ini” menimbulkan banyak spekulasi publik. Apa yang mereka lakukan diatas sana, kita yang di bawah tidak pernah tau. Tapi saya ajak kalian untuk berpikir positif, semoga semua kebijakan yang mereka ambil adalah yang terbaik dan bisa segera mengembalikan keadaan. Salut untuk tenaga medis mulai dari dokter, perawat, laborat, sampai satpam dan cleaning service rumah sakit rujukan, kalian lah yang pantas mendapat gelar “the real MVP” untuk saat ini. Teruntuk kalian yang sedang melakukan anjuran pemerintah yaitu #dirumahaja atau #workfromhome, kalian juga layak disebut pahlawan bangsa.

Sobat kobo, ditengah pandemi yang tidak bisa kita prediksi ini sebenarnya bisa kita jadikan momentum untuk bangkit mempersiapkan bisnis yang akan atau sudah kita jalani. Dari survei beberapa circle saya, hampir 90% pelaku bisnis online ataupun offline mengalami penurunan pembelian. 10% yang mengalami peningkatan itu mungkin hanya penjual masker dan hand sanitizer yahhh? hehe. Yang pasti produksi menurun, banyak barang retur, pengiriman jadi tertunda, pemesanan pun berkurang, begitulah nasib kita saat ini. Disyukuri saja, ini semua nikmat dari Allah swt. Lantas bagaimana cara kita untuk bergerak atau mempersiapkan kebangkitan bisnis kita? Saya akan share apa saja yang bisa kita lakukan di waktu seperti ini.

Siapkan Extreem Funneling buat Bisnismu

Pengertian singkat tentang funneling adalah proses tahap demi tahap yang harus kita lalui untuk mendapatkan penjualan. Perlu diingat, perkembangan digital marketing yang semakin pesat turut merubah proses manusia dalam membeli barang.

Jika dulu kita membeli barang dengan cara mendatangi toko dan berinteraksi langsung dengan penjualnya, sekarang kita sudah bisa membeli barang tanpa bertatap muka dengan si penjual. Yang mereka lihat adalah website atau social media tempat brand/toko online kesayangan mereka menjual produk yang mereka cari. Dalam hal ini, sosial media atau website adalah tempat kita memanjang jualan kita.

Karenanya keputusan seorang konsumen untuk membeli produk jadi lebih panjang. Di awal mereka akan melihat iklan kita, baru jika tertarik mereka akan membaca iklan kita dan mencari tahu lebih detail produk kita lewat social media atau website yang kita miliki. Dalam proses ini biasanya calon konsumen akan bertanya-tanya dulu kepada Customer Service atau pemilik toko. Jika sudah yakin, barulah terjadi order atau deal. Kurang lebih begitulah pengertian funneling.

Namun ada yang namanya ekstrim sales funneling. Apa itu? nah disini tips dari saya semoga bisa menambah pengetahuan kita semua. Ekstrim funneling adalah cara “ninja” untuk mendapatkan sales atau penjualan. Banyak cara ninja sebenarnya, contohnya dengan beriklan google ads atau facebook ads, namun keduanya tentu saja berbayar. Contoh cara yang gratis dan bisa di terapkan adalah membuat sistem afiliasi pada produk kita.

Sistem Afiliasi Cocok Untuk Bisnis Kita?

Contoh sederhananya kita mempunyai produk, lalu kita menjual kepada konsumen langsung. Itu sudah biasa! Yang luar biasa adalah kita menjual kepada penjual lainnya. Biar mereka yang menjualkan produk kita. Mereka menjual, mereka dapat untung, produk kita terjual, dan kita juga dapat untung. Sekilas mirip dengan multilevel marketing (MLM) yahh? Jangan ditelan mentah mentah, ketahui perbedaan MLM dan Afiliasi disini. Intinya ada yang berpendapat bahwa Afiliasi halal, MLM haram.

Cara sistem afiliasi bekerja

Tapi eh tapi….. tidak semua produk cocok untuk kita afiliasi. Produk yang bisa kita afiliasi kan biasanya adalah produk digital. Produk yang sifatnya satu kali beli namun digunakan terus menerus. Bukan produk makanan atau minuman atau pakaian yaa.

Nah disistem afiliasi seperti ini sangat menguntungkan untuk kita sebagai owner atau pemilik usaha. Kita cuma perlu menyiapkan bahan-bahannya saja, yang berjualan biarkan partner afiliasi kita. Ibarat kita cuma nyiapin baju untuk dijual, dan yang menjualkan adalah partner kita. Disitu kita untung, partner pun untung karena setiap transaksi mereka dapat komisi.

Sistem afiliasi ini cocok untuk kalian yang menjual produk digital. “Lalu gimana dengan kami yang menjual produk fisik atau nonDigital ?” Oke tenang saja, saya akan kasih tipsnya, lanjut baca ….

Tingkatkan Omset Bisnis dengan Open Reseller / Drophipper

Bedanya reseller dan dropshipper bisa dilihat dari cara kerja mereka. Reseller itu bisa dibilang mirip-mirip dengan pedagang. Mereka harus lebih dulu membeli barang sebelum menjualnya ke konsumen. Reseller memperoleh barang dari supplier atau distributor. Setelah mendapatkan barang dengan jumlah tertentu, baru reseller menjualnya. Beda lagi dengan dropshipper. Cara kerja dropshipper adalah menawarkan barang ke konsumen lebih dulu terus kalau dapat order, nantinya diteruskan ke supplier atau distributor. Nantinya supplier atau distributor yang terima order mengirimkan barang ke konsumen.

Nah buat kita yang ingin memperluas pasaran, kita bisa meng-hire reseller atau dropshipper dari kota lain. Dengan iming-iming penghasilan jutaan rupiah perbulan, siapa sih yang tidak mau join? Apalagi semua bahan konten media sosial, baik foto, video bahkan kata-kata jualannya sudah kita siapkan. Dengan ini traffic penjualan bisa dengan mudah kita tingkatkan. Memang ada perbedaan harga antara dropshipper/reseller dengan konsumen langsung. Tapi pastinya kita sudah hitung2 margin profitnya bukan? dan kita tetap untung! Selain meningkatkan traffic penjualan, secara tidak langsung kita juga bisa membangun brand kita sendiri. Tertarik?

Itulah extreem funneling yang kalian harus bisa siapkan untuk bangkit setelah covid-19 selesai! Baca selanjutnya..

Lejitkan Omset dengan Digital Marketing

Sobat kobo, kita tahu bahwa ketika kita berbiacara tentang digital marketing ada yang organik atau non-organik. Maksudnya apa? gratis dan berbayar! Cara berbayar memang cukup ampuh bagi kalian yang ingin mengiklankan produk kalian. Cara ini mudah sekali namun kita harus merogoh kocek lebih dalam untuk biaya iklan. Belum-belum iklan kita tidak sesuai target lagi, bisa rugi deh jadinya. Cara jitu beriklan di google ads atau facebook ads akan kita bahas di artikel selanjutnya. Oke sekarang kita fokus pada cara organik!

Menurut saya cara organik cocok untuk kita ikhtiar ditengah pandemi seperti ini. Selain membutuhkan waktu yang lama, kita juga bisa belajar satu persatu, step by step, tingkat per tingkat, untuk memperluas pasaran kita. Mulai dari social media marketing, hingga ke pasar google, semua bisa kita lakukan dengan cara gratisan. Tidak perlu punya website sih, namun alangkah lebih baiknnya jika kita punya website untuk pajang produk kita.

Cara organik yang saya maksud adalah kita memanfaatkan platform gratis yang ada. Contohnya seperti instagram, kita bisa gunakan untuk katalog produk. Blog gratis bisa kita gunakan untuk media pemasaran. Facebook bisa kita manfaatkan untuk media katalog dan juga pemasaran. Facebook powerfull untuk bisnis online, wajib dibaca!

Memang cara organik tidak semudah dan secapat beriklan. Namun jika kita istiqomah terus menerus, Inshaallah hasilnya luar biasa. Brand kita dapat, penjualan kita bertambah, uang tidak keluar, pasaran meluas, dan masih banyak lagi. Mulai sekarang langsung eksekusi saja, ga usah di tunda tunda lagi. Segera deklarasikan “saya akan promosi di IG, FB, Blogger, Medium, Twitter, Youtube, dll” dan “saya akan istiqomah bikin tulisan tentang produk saya dan memposting setiap hari minimal 5 tulisan”

Segera bikin time-schedule. Jadwal harus rapi dan tertata. Ingat selalu, kuatlah di kekuatan!

Itulah secercah pengetahuan yang dapat saya berikan disini. Namun tentu saja hasilnya akan NIHIL jika tidak ada action. Saya kutip dari guru saya “silahkan kamu cari motivasi dari mana saja dan sebanyak banyaknya, namun kalo aksimo NOL, hasilmu NOL BESAR!”

Terakhir, mari kita berdoa untuk keselamatan bangsa Indonesia. Berdoa di Mulai…

Satu tanggapan untuk “Manfaatkan Covid-19 Untuk Lejitkan Omset Bisnis Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *