Mengubah Peluang Menjadi Goal Tepat Sasaran

Assalamualaikum Wr. Wb. Apa kabar sobat KoBo? Semoga indah selalu cerita kita hari ini dan seterusnya. Aamiin. 🙂

Banyak dari kita yang ingin ikutan atau coba coba berbisnis. Pasti banyak. Melihat orang lain bisa sukses hanya dengan pegang smartphone dan laptop setiap harinya, hanya pakai kolor dari kaos singlet jika ngantor, kerjaannya hanya buka smartphone dan duduk sambil ngopi santuyy di depan komputer atau laptop. Mereka sukses padahal kerjanya begitu begitu saja. Tapi uang mereka banyak. Mereka punya beberapa rumah, beberapa mobil dan beberapa istri eheheheh :p

Sebenarnya apa sih yang mereka lakukan? Trik bisnis apa yang mereka kerjakan? Apa benar mereka berbisnis online agar bisa kaya?

Nyatanya memang iya. Kebanyakan pada pebisnis online yang benar-benar tekun menjalani bisnisnya akan cepat kaya. Bayangkan berapa banyak aset digital yang mereka investasikan di dunia online? oh iyaaa, yang paling penting itu adalah investasi bukan keinginan ingat itu.

Terpenting dalam hidup adalah investasi, bukan keinginan.

Kopibo.id~

Namun untuk memulai suatu bisnis apalagi bisnis online rasanya susah. Mulai dari tidak mengertinya kita tentang bisnis online sampai keuntungan yang akan di dapat apabila kita tekun, masih abu abu. Namun semua itu tergantung apa yang kita pikirkan. Jika kita berbikir kita bisa, maka kita bisa. Sebaliknya, jika kita adalah seorang pecundang, maka kita adalah seorang pecundang.

Aku adalah apa yang aku pikirkan. Lover or Loser ?

Kopibo.id~

Baca Cerita ini Agar Sobat KoBo Terinspirasi

Sobat KoBo mau berbisnis namun tak tahu apa yang harus dijual? bingung harus mulai dari mana? Oke langsung saja saya akan jelaskan sepak terjang saya mulai berbisnis.

Pada tahun 2018, saya yang masih duduk di bangku kuliah D3 semester akhir, mencoba untuk mencari uang sendiri. Saya coba terjun ke pelosok desa di kabupaten tempat saya tinggal. Ternyata desa yang saya kunjungi waktu itu adalah desa sentra produk besek bambu, anyaman bambu yang digunakan untuk wadah makanan, tape, tahu, ayam, dllnya. Insting wirausaha yang langsung menilai bahwa ini peluang besar. Perlu diketahui, di daerah tempat saya tinggal, besek bambu hanya digunakan sebagai wadah tape. Tapi setelah saya telusuri lebih jauhhhhhhh lagi, besek bambu bisa untuk wadah nasi, catering, ayam bakar, bebek bakar, dll. Artinya produk besek bambu pasarannya luas. Dan lagi pembuat besek bambu hanya ada di kota-kota tertentu. Langsung saja saya tembak pasar luar kota. Dan Alhamdulillah sampai sekarang produk besek bambu saya laris manis banjir order.

Ketika saya sudah menemukan apa yang saya akan jual secara online, kemudian saya cari cara untuk bagaimana tentang pemasarannya. Mulai dari facebook, blogspot, wordpress, dllnya sudah saya coba. Yang paling aman, nyaman, efektif dan efisien adalah berjualan menggunakan facebook. Ada tiga tempat di FB yang bisa kita sulap untuk menjadi lapak kita. Yang pertama adalah FB akun pribadi kita, FansPage, kemudian Marketplace. Diantara 3 itu, marketplace facebook adalah yang paling mutakhir.

jualan dengan marketplace facebook
Marketplace Facebook

Cek cara jualan di FB Marketplace disini!

Kopibo.id~

Itulah awal mua saya berbisnis online. Kalo tidak percaya, silahkan cek di google dengan keyword “jual besek bambu murah bondowoso”, kalian akan temukan promosi saya di halaman 1 google. Ciri-cirinya di gambarnya ada nama “Gita Hariaji”. Silahkan 🙂

Nih Contohnya, Besek Bambu Murah Bondowoso

Nah inti yang pertama dalam mencari peluang adalah :

Kita harus turun kebawah, artinya turun ke masyarakat sekitar. Mencari produk unggulan daerah kita.

Kopibo.Id~

Mengapa? Karena dengan bergotong royongnya kita (aku pemasaran, kamu produksi), secara tidak langsung kita telah membantu perekonomian warga. Dan itu adalah hal yang paling nikmat ketika kita bisa bekerja sama dengan warga untuk menjualkan produknya.

Lalu apa yang harus kita lakukan setelah tau ada peluang yang bisa kita sulap menjadi GOAL? Action.

Setelah Berpeluang, Beraksilah!

Peluang bisnis yang telah kita temukan dan itu berpotensi menjadi pundi pundi rupiah, langsung aja kita eksekusi. Misal disuatu daerah terdapat pengrajin A yang belum bisa meng-online-kan produknya, itulah peluang kita. Kita bisa menjadi pelopor bisnis online kerajinan A tersebut. Bagaimana caranya?

Cari Tahu Pasarnya

Barang/Produk/Jasa yang Sobat KoBo temukan tadi cocok untuk siapa? Siapa yang akan menjadi calon pembeliya? Siapa yang harus kita juali? Cara mencari tahu tentang pasar adalah dilihat dari Fungsi dan Kegunaan kerajinan itu sendiri. Misal tadi, besek bambu hanya digunakan untuk wadah tape di kota saya, tapi berbeda di kota lain. Bisa untuk wadah nasi. Jadi target pasar saya adalah pengusaha catering, makanan seperti ayam bakar, bebek bakar, dllnya. Itulah yang disebut segmentasi pasar. Sampai disini paham bagaimana cara caritahu target pasar? Oke lanjut

Cari Tahu Bagaimana Cara Pemasarannya

Setelah tahu siapa target pasaranya, selanjutnya cari tahu media apa yang cocok untuk berjualan barang/jasa tersebut. Mungkin Sobat KoBo tahu bahwa ada banyak grup dengan tema “Pengusaha Kuliner” di facebook? Nah pertanyaannya, bisa atau tidak jika saya berjualan besek bambu di grup tersebut? BISA. Kemudian ada grup komonitas anak muda gaul, bisa atau tidak saya jualan sepatu/baju/jaket kekinian di grup mereka? BISA.

Mudah sekali kan mencari tahu cara pemasaran produk kita?

Terakhir, Eksekusi!

Lanjut kita sudah bisa memulai jualan. Berjualan dengan media online caranya ada banyak sekali. Yang paling mudah adalah dengan FB Marketplace. Baca ini agar kalian paham.

Eksekusi disini adalah memainkan kekuatan kita. Kita harus kuat berjam-jam berhadapan dengan laptop atau hp, untuk memasarkan produk kita. Pola promosinya akan sama, namun sejauh apa kekuatan kita, itulah kuncinya.

Istiqomah adalah kuncinya 🙂

Kopibo.Id~

Sampai disini, semoga kalian paham tentang bagaimana cara berpeluang berproses dan berhasil. Terimakasih telah membaca, tinggalkan komentar jika ada pertanyaan. Jangan lupa share tulisan ini agar bermanfaat bagi orang lain juga.

Satu tanggapan untuk “Mengubah Peluang Menjadi Goal Tepat Sasaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *