Usaha Tanpa Modal, Mungkinkah?

Usaha Tanpa Modal – Assalamualaikum Sobat Kobo 🙂 Apakabar kalian hari ini? Semoga senantiasa diberi kelancaran, kemudahan dan keberhasilan untuk kita semua oleh Allah SWT. Gak sengaja sebentar lagi bulan Ramadhan nihh, siapa yang rindu Ramadhan? Yahh semoga saja pandemi ini cepat berlalu dan kehidupan ekonomi kita kembali normal. Aamiin. Sobat kali ini saya akan coba menghipnotis sobat semua untuk sadar kaya dan mulai bergerak untuk itu. Sebelumnya saya ingin ucapkan terimakasih kepada Mahaguru bisnis saya, Mas Catur Arya Chandra, yang telah sedikit banyak membimbing saya dalam dunia bisnis modern. Simak tulisan dibawah ini, buat diri kalian konsentrasi membacanya.

Usaha Tanpa Modal

Kalo anda pengen cepet kaya dan sukses bangun sebuah usaha mandiri, kata – kata tersebut yang banyak kita dengarkan dari seminar – seminar  bisnis terkenal seperti yang dilakukan oleh Hermawan Kertajaya, Tung Desem Waringin, Bahkan oleh si Impian Sejuta Dolar Merry Riana.

Iya sih tapi modalnya dari mana????

Usaha Tanpa Modal, Apa Bisa?

Pertanyaan tersebut yang sering keluar dari para peserta, “ngomong doang sih enak” lanjut mereka. Sahabat sebelum kita berbicara masalah bisnis atau usaha ada baiknya kita benahi Mindset (pikiran) kita tentang istilah – istilah bisnis, setelah kita paham baru kita mulai berbisnis, setuju??? Harus setuju lah, kalo ndak mana bisa kita lanjut pembahasannya.

Modal bagi masyarakat awam selalu di terjemahkan sebagai uang, kalo ndak ada uang mana bisa bikin usaha. Pengertian itu tidak salah tetapi juga tidak sepenuhnya benar, kita harus membuka mata dan wawasan kita seluas mungkin, harus Out Of The Box istilah kerennya.

Jika saya menyebutkan definisi modal adalah segala sesuatu yang sudah ada menjadi hak milik dan melekat pada kita untuk memulai usaha. Pahami baik – baik !!

Usaha tanpa modal? Tergantung dari sudut pandang mana kita melihat kata “modal”

Jika yang kita punya adalah motor jangan tunggu punya mobil baru kita buka usaha, jika yang kita punya 100 ribu rupiah jangan tunggu 100 juta baru buka usaha. Sampai almarhum Om Bob Sadino bilang “bisnis itu pake otak kalo ndak punya otak pake dengkul”, kasar memang tapi maksudnya adalah jika anda masih belum menemukan cara berbisnis atau berjualan yang baik, pakai kaki anda untuk jalan dari pintu ke pintu untuk jualan menawarkan produk anda.

Mari kita lihat perusahaan – perusahaan yang memiliki laba milyaran hingga sekarang, saat memulai usaha mereka juga sama seperti anda, kere dulu hahaha. Itu kenyataannya Mark Zuckerberg saat awal memulai Facebook juga harus mulai dari sebuah garasi yang mereka sebut kantor, Bapak Tirto Utomo pendiri Aqua pun harus menggunakan dengkulnya untuk berjalan dari rumah ke rumah menawarkan produk air kemasannya.

Jadi kesimpulannya adalah segera mulai usaha dengan apa yang sudah anda miliki sekarang, jangan tunda, karena bisa jadi ada orang yang lebih nekad dari anda memiliki ide usaha yang sama dengan yang anda, memilih membuka usaha tersebut terlebih dahulu. Hilang kesempatan anda, hilang juga peluang anda untuk jadi sukses dan kaya.

Yang penting sekarang anda memiliki semangat untuk memulai usaha dulu dengan Modal yang sudah ada, yang penting sekarang anda mau dan memiliki impian besar untuk menjadi pengusaha yang sukses. Jika sudah anda pahami apa yang di maksud dengan modal langkah berikutnya akan kita bahas dalam tulisan selanjutnya.

Selamat datang pengusaha sukses

3 tanggapan untuk “Usaha Tanpa Modal, Mungkinkah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *